July 15, 2011

“maybe self improvement is not the answer.
maybe self destruction is the answer”

-Chuck Palahniuk

kenapa menurut saya, buku-buku self help itu sedikit palsu. merubah diri sendiri, apalagi lewat kata-kata indah . hm, kadang itu cuma angan-angan gombal. orang yang mau hasil dari perubahan tapi ga mau "bayar" harga itu entah bodoh sekali atau terlalu membohongi diri sendiri. memang, perubahan itu nyeri yang berenang di dalam kapiler-kapiler pembuluh darah. sakitnya ada di banyak dimensi. seperti tenggelam di air panas.

perubahan itu sama sekali ga indah. perubahan itu brutal. seperti preman yang sedang merampok rumah kita ketika kita sedang tertidur pulas, lalu di cabik-cabiknya semua ketenangan kita. berubah itu berarti pikiran dan hati bakal berdarah-darah. ego akan hancur lebur menjadi debu lalu terbang ke timur mengikuti anak angin.

perubahan itu saya percaya, ada di tempat-tempat atau kondisi yang paling tidak nyaman buat kita. membuat kit membongkar semua asumsi-asumsi dan tembok-tembok pembatas pikiran kita. dan setelah semuanya berantakan, tinggal reruntuhan, setelah kita tidak punya apa-apa lagi, saat itulah hal-hal baru keluar dari diri kita. dan saat itu kita pasti akan tahu, kalau kita benar-benar sedang berubah.

NB : Pilar pertama buat di ancurin biar bisa berubah itu gampang banget ditemuin. : EGO.


anon-

No comments:

Post a Comment

gelembung-gelembung sabun!