November 13, 2010

MENGAPA OBAMA KE INDONESIA BUKANLAH HAL YANG MEMBANGGAKAN SAYA?

1. obama ke Indonesia hanya untuk menepati janjinya.
Obama udah menunda nunda kedatangannya ke Indonesia kira kira dari bulan Februari. Dia memang merencakan mau ke India,Korea,dll. dan memutuskan untuk ke Indonesia juga. Tapi sebenarnya ke Indonesia itu cuma sekedar "menepati janji" bulan Februari itu saja. Karena buat orang seperti Obama, buat negara seperti Amerika, Indonesia bukanlah sebuah negara yang mempengaruhi keadaan politik dan ekonomi dunia sehingga baginya, sebenarnya, tidak rugi kalau tidak datang kesini sekalipun.

2. Reaksi orang Indonesia yang berlebihan menurut saya memalukan
Mentang mentang Obama sempat menjalani masa SDnya di Indonesia,
masyarakat kita ini, bahkan para pejabatnya, merasa memiliki hubungan personal
dengan Obama. Padahal mau bagaimanapun, ia terikat dengan hukum dan peraturan Amerika dan kecil sekali kemungkinannya Obama mengubah suatu
kebijakan demi Indonesia. Dia hanya menjalani beberapa tahun di Indonesia, dan lihatlah bagaimana bangganya bangsa kita. terlalu bangga. lebay. dibikin monumen lah, di puja-puja oleh warga Menteng lah, sekolah dasarnya membanggakannya lah, gurunya jadi beken lah. Obama mengatakan "Apa Kabar?" saja sudah sampai masuk berita. Terlihat kampungan ga? saya tidak membenci Obama. justru saya suka. tapi bangsa kita terlalu melebih lebihkan segalanya. Di negara kita ini juga luar biasa kaya. memiliki orang orang yang cerdas dan berbakat yang seharusnya tidak membuat kita mendewakan seorang Obama seperti ini. harga diri bangsa seakan memang sudah tidak ada. tapi melihat latar belakang Indonesia yang memang, jujur saja, sengsara, mungkin memang sepatutnya rakyatnya terlalu bangga atas hal ini.

lihat di sekitar kita deh, perhatikan bagaimana sikap bangsa Indonesia khususnya terhadap warga ASING? BULE?? yang pirang2,yang blonde, yang bola matanya belang2, yang bicaranya was wis wus?? liat aja bagaimana sikap bangsa kita yang LUAR BIASA mendahulukan mereka di banding sesama warga Indonesia sendiri. sambil tersenyum semanis dan selebar mungkin, menundukkan badan dalam-dalam,atau apalah cara lainnya. tapi sikapnya ke sesama warga Indonesia? HAH! boro2.. senyum aja udah bersyukurrrr!! ada yang nyadar ga dengan hal ini?? BUKA MATA. bangun mental kita yang tinggal sedikit. belum terlanjur habis.


Coba pikir lagi deh, apa alasan orang orang Indonesia kayanya SENENG dan BANGGA banget Obama dateng ke Indonesia? Karena Obama pernah tinggal di Indonesia? Duh, ga ada alasan yang lebih masuk akal apa? Obama memang pernah tinggal di Indonesia tapi bukan berarti dia juga jadi membawa perubahan buat Indonesia atau apa juga. KALAUPUN Obama misalnya berniat buat apalah memajukan Indonesia (ini kemungkinan yg terlalu kecil) Okelah dia presiden, tapi ada negara dan segala sistemnya yang jauh lebih kuat dari sekedar seorang presiden. ayolah! masih banyak yang harus dibanggakan (dan di benahi!) selain sekedar sebuah kunjungan diplomasi bilateral yang sudah sangat umum terjadi.

DIMANA MENTAL BANGSA INDONESIA YANG TINGGI????

* PS : saya biasanya tidak pernah berpolitik dan membahasnya di blog saya. tapi untuk kali ini, saya tidak tahan melihat bangsa ini semakin kehilangan harga dirinya. memang,apalah arti untuk satu pendapat saya dari sekian banyaknya bangsa di Indonesia. paling tidak, saya yang menjadi salah satu orang Indonesia yang akan memelihara harga diri bangsa. note that.

terimakasih beeforbunga. :)

2 comments:

  1. dan saya ikut baca blog ini :D
    tapi bener lho, kita adalah bangsa kagetan, terlalu euforia dgn sesuatu.
    harga diri? masih ada, masih tinggi saya rasa.
    mental yg terjun bebas

    salam kenal :)

    ReplyDelete
  2. well, thats a good news kalo harga diri bangsa masih ada dan tinggi.. dan itu melegakan. karena itu berarti bagian dari harga diri saya juga :) mental sih moga2 masih bisa di diselamatkan dengan parasut :)

    ReplyDelete

gelembung-gelembung sabun!