April 8, 2010

Kami anak laki-laki dan perempuan berasal dari bumi ini dan kami mau mengubah dunia. Kami tidak suka dunia yang ada sekarang. Dunia ini penuh dengan barang-barang bagus tapi terlalu banyak orang yang menderita kelaparan, menderita peperangan dengan alasan perbedaan warna kulit karena yang lebih kuat mau menghancurkan yang lebih lemah. Dunia kami ini penuh dengan barang-barang bagus tetapi lebih dan lebih lagi penuh dengan sampah dan udaranya menjadi lebih terpolusi dan air menjadi lebih dan lebih kotor.

Kami menginginkan dunia yang lebih manusiawi, tanpa pemisahan orang-orang, antara putih, hitam, kuning dan gelap, antara kaya dan miskin, antara muda dan tua. Kami mau membangun sebuah dunia baru, dimana polusi tidak membuat hutan menjadi kuning dan air menjadi kotor, yaitu dunia yang hanya ada satu ruang untuk semua warna dan semua orang.

Kami ingin hidup dalam damai. Kami tidak mau tumbuh dewasa dalam dunia peperangan, karena siapapun yang menang tetap menderita dan selalu dicekam ketakutan. Kami mau mengatakan pada semua orang bahwa jauh lebih penting menyelamatkan bumi ini daripada memiliki banyak uang. Kami rasa lebih baik kurang memiliki sehelai baju dan sepasang sepatu daripada membiarkan anak-anak bekerja sebagai budak di banyak negara di dunia.

Kami adalah teman dari setiap orang, tidak terkecuali orang-orang yang dijauhkan. Kami adalah teman dari orang-orang tua karena tidak baik selalu membiarkan mereka sendirian. Kami adalah teman dari anak-anak kecil karena kami tahu mereka sama seperti kami walaupun mereka belum bisa berjalan dan berbicara. Kami adalah teman dari orang-orang gelandangan. Kami adalah sahabat dari sahabat yang sebenarnya, bukan mereka yang membakar hutan dan mengotori laut.

Kami banyak tapi tidak semuanya sama. Kami terdiri dari berbagai macam warna dan usia, tapi tidak memerangi satu sama lain. Kami berjanji pada diri sendiri untuk tumbuh bersama dan tidak membiarkan orang-orang yang keras merampas masa kanak-kanak dari anak-anak.

Kelihatannya susah, tapi mudah. Kami bisa mewarnai dunia ini dengan setiap warna. Putih: kami membersihkan dunia. Merah: persahabatan dan solidaritas. Kuning: matahari yang bersama kami. Hijau: rumput-rumput tempat kami bermain. Biru: seperti malam dan tidak menakutkan kami lagi. Inilah warna masa depan kami. Inilah warna pelangi.



this is beautiful. from somewhere i forgot.

1 comment:

  1. indah...dunia yang indah...namun dapatkah kamu mewujudkannya?sebagian orang mungkin berkonsep untuk mencapai demikian harus menempuh jalan darah dahulu...gmn menurut mu?

    ReplyDelete

gelembung-gelembung sabun!